Di luar agenda, Presiden Joko Widodo blusukan ke Pasar Malam Pelataran Pantai Pulau Datok, Kabupaten Kayong Utara, Jumat 14 Oktober 2016.

Menggunakan mobil, Presiden dan rombongan menuju pasar malam yang berjarak 5 km dari hotel tempat menginap. Saat tiba pukul 21.00 WIB, seorang penyanyi tengah melantunkan sebuah lagu dari atas panggung.

Saat berjalan menuju tempat yang telah disediakan, ratusan warga yang telah memadati pasar malam tersebut, berteriak memanggil nama Presiden dan meminta berfoto bersama. Presiden pun membalasnya dengan menyapa warga dan bersalaman. Bahkan beberapa di antaranya sempat berfoto bersama dengan Presiden.

Pukul 21.30 WIB, Presiden dan rombongan meninggalkan pasar malam itu untuk kembali ke hotel tempat menginap. Tampak hadir mendampingi Presiden, Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Kominfo Rudiantara, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Ekoputro Sanjoyo.

Kegiatan pasar malam tersebut merupakan bagian dari acara Peringatan Sail Selat Karimata. Puncak Peringatan Sail Karimata sendiri akan berlangsung Sabtu, 15 Oktober 2016 yang akan dihadiri oleh Presiden Jokowi.