Di Puskesmas Warunggunung, Kabupaten Lebak, Kepala Negara menjelaskan pentingnya makanan tambahan pada ibu hamil, anak balita, dan anak sekolah.

Provinsi Banten menjadi pilihan Presiden Joko Widodo untuk merayakan Hari Raya Idul Adha 1437 H. Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta rombongan tiba di Banten hari ini Minggu, 11 September 2016.

Puskesmas Warunggunung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, menjadi lokasi pertama yang dikunjungi .
Di puskesmas ini, masyarakat yang hadir diberikan suplementasi gizi, berupa Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk Anak Balita, Ibu Hamil dan Anak Sekolah. PMT ini diberikan kepada 60 ibu hamil, 65 ‎balita, 11 anak penderita gizi buruk dan 76 anak sekolah.
‎Presiden menjelaskan kepada masyarakat yang memenuhi halaman Puskesmas Warunggunung agar makanan tambahan yang diterima, baik untuk anak balita, ibu hamil, anak sekolah dan bayi segera dikonsumsi. “Ini agar langsung dimakan,” ucap Presiden.

‎Kepala Negara mengatakan bahwa aturan cara makannya sudah tertera jelas dalam kemasannya, misalnya untuk anak balita usia 6 sampai 11 bulan dikonsumsi sebanyak 8 keping per-hari.
“Betul-betul dikonsumsi sesuai petunjuknya. Jangan banyak-banyak, kalau kebanyakan terlalu gemuk, anak terlalu gemuk juga tidak baik. Tapi harus terus dimakan jangan ada yang kurus banget,” imbuhnya.
‎‎
Lebih lanjut Presiden Jokowi juga mengingatkan kepada para ibu hamil untuk mengkonsumsi sayuran agar anak yang dikandungnya memiliki gizi yang baik dan menjadi anak yang cerdas. “Saya juga ingin ibu-ibu, agar sayur mayur juga tetap dipakai sebagai makanan tambahan,” ujar Presiden.‎

Komposisi PMT yang diterima setiap warga adalah adalah 5 kg beras, 10 butir telur, 1kg gula pasir, 1kg kacang ‎ijo dan susu kental manis.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Gubernur Banten Rano Karno dan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya.‎

Selain itu, Presiden juga memberikan tiga buah sepeda kepada seorang murid SD yang hafal Pancasila dan dua ibu yang berhasil menjawab pertanyaan dari Presiden.‎

Dari Puskesmas Warunggunung, Presiden dan Ibu Iriana beserta rombongan melanjutkan perjalanan ke Kantor Camat Karang Tanjung Kelurahan Pagadungan, Kecamatan Karang Tanjung, Kabupaten Pandeglang.

Di halaman kantor camat ini, ratusan ibu dan anak sekolah dasar telah menanti kehadiran Presiden dan Ibu Iriana serta untuk mendapatkan PMT.

Presiden Joko Widodo beserta rombongan akan berada di Banten selama dua hari. Esok hari Presiden Joko Widodo akan melaksanakan sholat Idul Adha di Kota Serang. Usai sholat, Presiden Joko Widodo beserta rombongan akan langsung kembali ke Jakarta.