TRANSKRIP PENGANTAR PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA RAPAT TERBATAS TENTANG PENINGKATAN KESIAGAAN MENGHADAPI BENCANA

TRANSKRIP
PENGANTAR PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA
RAPAT TERBATAS TENTANG PENINGKATAN KESIAGAAN MENGHADAPI
BENCANA
KANTOR PRESIDEN, JAKARTA
14 JANUARI 2019

Selamat siang,

Salam sejahtera bagi kita semuanya.

Siang hari ini kita akan berbicara mengenai kesiagaan menghadapi bencana dan sebelumnya saya ingin ingatkan kepada kita semuanya terutama Kepala BNPB yang baru agar yang berkaitan dengan rehabilitasi, yang berkaitan dengan rekonstruksi, baik yang berada di NTB- Lombok, kemudian yang ada di Palu Donggala di Sulawesi Tengah, kemudian yang berada juga di Banten maupun di Lampung betul-betul dikawal, dikawal implementasinya agar segera bisa diselesaikan terutama yang di NTB kemudian berlanjut ke Sulawesi Tengah dan baru ke Lampung dan Banten.

Yang kedua juga yang berkaitan dengan sistem peringatan dini, agar dievaluasi, dicek di lapangan kemudian pengujian dan juga pengorganisasian sistem peringatan dini ini betul-betul semuanya berada pada posisi yang baik, rakyat bisa tahu, sehingga korban yang ada bisa kita hilangkan dan minimalkan.

Yang ketiga yang berkaitan dengan edukasi kebencanaan, saya ingin agar diakhir bulan ini bisa dimulai, baik di Kementerian Pendidikan Kebudayaan, juga di masyarakat dan saya ingin ini terus digerakan di semua daerah terutama di daerah-daerah yang rawan bencana.

Dan yang terakhir mengenai kesiapan manajemen kebencanaan. Kesiapan manajemen bencana betul-betul koordinasi, sinergi antar lembaga yang terlibat dalam bencana ini betul-betul merespon secara cepat, mulai dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Relawan, PMI, Ormas, dan Lembaga-lembaga Donor dan melakukan simulasi latihan penanganan bencana secara berkala dan berkesinambungan secara rutin.

Demikian sebagai pengantar yang bisa saya sampaikan, saya persilakan Pak Menko atau langsung ke Kepala BNPB untuk menyampaikan.

(Acara dilanjutkan secara tertutup)

*****

Biro Pers, Media dan Informasi
Sekretariat Presiden